Arti Kata Endorse

Kalau Anda sering wara wiri di dunia medsos, terkadang banyak sahabat kita yang menggunakan kata endorse ketika bikin status atau chatting. Anda tahu nggak apa sebetulnya arti kata endorse itu ? Saya juga sering dengar istilah tersebut di acara entertainmet artis di tv lokal. Karena penasaran juga maksud arti tersebut, Saya pun melanglangbuana nanya ke Simbah Gugel dan akhirnya ketemu juga apa yang dimaksud endorse.

Apa arti kata endorse

Dari hasil konsultasi sama Simbah disimpulkan bahwa kata endorse itu artinya adalah promosi barang dagangan dari toko online lewat orang-orang terkenal atau artis. Jadi yang punya toko online meminta pada seorang artis untuk mempromosikan produknya di internet, lalu si artis di bayar sama pemilik produk.

Tapi ternyata yang berlaku selama ini beda dengan teori, karena di kita, endorse itu adalah pihak toko online memberikan barang mereka secara gratis kepada orang-orang terkenal atau artis. Nah, sebagai gantinya si orang terkenal atau artis tersebut mengupload foto mereka sambil memakai produk tersebut di sosial media, tentunya sambil menyebutkan nama toko online tersebut.

Arti dari kata endorse

Sementara itu kalau kata endorse dilihat secara bahasa, maka arti kata endorse adalah mendukung atau menyokong atau menuliskan nama. Jadi sebetulnya untuk mempromosikan produk tersebut, si artis nggak perlu upload foto, tapi cukup menyebutkan nama toko online tersebut pada saat ada kesempatan misalnya lagi manggung, jadi tidak harus online lewat medsos.

Mungkin karena sudah menjadi sebuah kebiasaan, maka prakteknya di Indonesia ya seperti itu sehingga kata-kata endorse bisa diartikan memberikan barang secara gratis kepada artis, dan sang artis harus upload foto di medsosnya dengan menyebutkan nama toko online tersebut.

Lalu apa manfaat si pemilik toko online melakukan endorse ini ? Yang jelas keuntungan yang didapat dari penjualan toko online tersebut sangat signifikan, omzet bisa meledak berkali-kali lipat soalnya endorse itu sama saja dengan mengiklankan produk oleh publik figur. Ya tentu saja yang untung adalah toko online, soalnya modal ngirit tapi hasil selangit. Coba kalau bandingkan jika ngiklan di tv, butuh berapa ratus juta tuh biaya iklan sama artisnnya dalam sekali tayang.

Ya memang tidak gampang sih cara mendapatkan endorse atau meng-endorse produk sebuah toko online oleh seorang artis, apalagi artinya artis ternama. Tetap saja harus ada deal atau kesepakatan atau perjanjian antara 2 belah pihak antara toko online dan artis tersebut secara langsung dalam jangka waktu tertentu.

Jika sudah deal, maka toko online harus melaksanakan kewajibannya memberikan produknya secara gratis dan si artis wajib mempromosikan produk tersebut dengan cara memakainya dan memberikan testimoni positif. Tak heran kemudian artis tersebut dinamai artis endorse.

Tak heran pula banyak artis kaya mendadak karena selalu mendapat tawaran meng-endorse produk toko online. Mungkin kalau meng-endorse pakaian sih nggak bikin kaya, tapi coba kalau yang diendorsenya paket bisnis misalnya atau mobil atau emas berlian, wah-wah bisa bener-bener kaya tuh dari endorse.

Arti kata endorse dalam bahasa Indonesia

Agar Anda lebih ngerti maksud kata endorse, coba lihat saja beberapa contoh kalimat di bawah ini yang menggunakan kata endorse.

A: Gara-gara di endorse, barang si Anu jadi laku keras loh.
B: Ah yang benenr Bray..

C: Coba deh kamu mending minta di endorse aja
D: Lha emangnya kenapa Bro ?
C: Kalau ada yang endorse, biasanya sih pembelinya membludak.

E: Dia jadi artis Instagram sekarang euy..
F: Dia kan banyak di-endorse toko online.

J : Raisa, bisa ga upload foto pakai sepatu produk Gue
R: Oke Ji, mau endorse ya ?

I  : Doy, nyari tempat nongkrong yang bagus yuk?
D : Buat endorse lagi ?
I  : Bener lah...

J : Beb, tolong endorse-in barangku yang gede ini, mau nggak?
K: Dapat apa ni gue?
J:  Barangnya buat lu dah, gratis.

Itulah arti kata endorse yang bisa Saya jelaskan lengkap dengan contoh penggunaan kata-kata untuk endorse dalam kalimat bahasa Indonesia atau bahasa gaul sehari-hari. Semoga toko online-nya sukses.

Sumber :
http://www.handdriati.com/2014/12/cerpen-boomingnya-istilah-endorsement-apa-sih-artinya-endorsement.html
http://hal-5.blogspot.co.id/2015/10/yang-dimaksud-endorse-adalah.html
http://www.bangpurba.com/2017/02/arti-kata-endorse-dalam-bahasa-gaul-di.html?m=0

Tag : en
Back To Top