Arti Kata Spam

Menurut Wikipedia, arti kata spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Adapun orang yang melakukan spam dikenal dengan nama spammer. Tindakan atau proses spam disebut juga spamming.

Menurut Kanal Informasi, kata spam dulunya digunakan pada email sebagai tanda email sampah yaitu kegiatan pengiriman surat elektronik yang dikirim ke banyak orang termasuk email yang tidak diminta yang biasanya memakai suatu software untuk melakukan aksinya.

Spam umumnya merupakan email yang berisi iklan, penawaran produk, pornografi yang dikirim ke mailing list atau newsgroup bahkan ke email seseorang. Dalam perkembangan internet, arti spam bukan hanya terbatas pada email saja melainkan juga penolakan terhadap sesuatu yang tidak dikehendaki oleh pemilik website.

Dalam Kamus Bahasa Inggris Oxford pada tahun 1998, kata spam mempunyai arti pesan tanpa arti atau tidak pantas dikirim ke Internet pada sejumlah newsgroup atau pengguna.

Ada banyak bentuk spam yang dikenal secara luas yakni :
- spam surat elektronik seperti surel berisi iklan
- spam pesan instan seperti SMS pada handphone
- spam mesin pencari informasi web seperti spamdexing
- spam blog seperti buku tamu situs web
- spam iklan baris daring
- spam jejaring sosial
- spam transmisi faks
- promosi dalam suatu forum yang tidak terkait dengan forum tersebut

Spam dikirimkan oleh pengiklan dengan biaya operasional yang rendah, karena spam tidak memerlukan mailing list untuk mendapatkan pelanggan. Karena hambatan masuk yang rendah, maka banyak spammer yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta menjadi sangat tinggi.

Akibatnya, banyak pihak yang dirugikan yaitu pengguna internet, penyelenggara jasa internet dan masyarakat umum. Spam sering mengganggu bahkan menipu penerimanya. Spamming termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet.

Spam email
Spam email adalah praktik pengiriman pesan dalam surat elektronik yang tidak diinginkan, sering bersifat komersial, dan masuk dalam jumlah besar kepada siapa pun. Tulisbaca.com menamahkan bahwa spam email bisa diketahui dengan mudah karena setiap penyedia layanan Email baik Yahoo dan Gmail memiliki sistem otomatis yang akan membantu mendeteksi pesan spam dengan mengidentifikasi virus serta pola pesan yang dianggap mencurigakan.

Sistem tersebut cukup cerdas yakni untuk menyaring berbagai pesan yang masuk, karena email adalah fasilitas internet yang rawan akan Spamming. Contoh spam email adalah iklan, undian, informasi palsu, promosi barang, phishing, penipuan, dan lain-lain yang masuk bertubi-tubi tanpa diminta oleh pemilik email. Mereka mengiklankan sesuatu bukan pada tempatnya, bukan pada orang yang tepat.

Spam handphone
Spam handphone diarahkan pada layanan pesan teks di ponsel. Spam ini bisa sangat mengganggu pelanggan karena bukan hanya masalah ketidaknyamanan, tetapi juga karena biaya yang mungkin dikenakan dari setiap pesan teks yang diterima.

Spamdexing
Singkatan dari spamming dan indexing atau spam mesin pencari. Spamdexing ini adalah praktek memodifikasi halaman HTML untuk meningkatkan kesempatan mereka berada di jajaran teratas mesin pencari dengan relevansi paling tinggi. Namun sayangnya mesin pencari modern sudah pada pintar untuk memodifikasi pencarian algoritma agar mengecualikan halaman web yang menggunakan taktik spamdexing.

Spam blog
Spam blog adalah mengambil keuntungan dari komentar terbuka dalam sebuah blog dengan menempatkan komentar berulang kali untuk berbagai posting blog. Untuk mengatasinya Anda harus menempatkan Captcha, menambahkan Check box, dan cara lainnya.

Spam media sosial
Dalam media sosial seperti Facebook, kegiatan spamming justru lebih variatif akibat banyaknya fitur Facebook. Misalnya komentar-komentar aneh yang masuk ketika kita menuliskan sebuah postingan yang dibuat otomatis muncul menggunakan software. Ada juga spamming dalam bentuk tag foto atau tag sebuah kiriman tautan yang lagi-lagi aneh tujuannya. Solusinya adalah dengan melaporkannya kepada pihak Facebook.

Contoh penggunaan kata spam dalam kalimat :
C: Email perusahaan kita kena spam nih, gimana ya ?
D: Situ sih, pake sembarangan sebar-sebar alamat email pakai iklan gratisan.

Itulah penjelasan tentang arti kata spam di dalam instagram, chat bbm, like fb dan lain sebagainya beserta contoh penggunaanya dalam kalimat.

Tag : s
Back To Top