Arti Kata Namaste

Jika Anda sering atau pernah melakukan yoga, maka biasanya akan mendengar kata namaste. Kata ini biasanya diucapakan ketika menutup latihan yoga dan ucapan ini biasanya disertai dengan gerakan mengatupkan kedua tangan.

Lalu apa arti kata namaste sebenarnya ? Menurut laman Yoganeka, kata namaste berasal dari Bahasa Sansekerta, asal kata ‘Namah’ yang berarti ‘membungkuk’ dan ‘te’ yang berarti ‘engkau.’ Jadi, namaste mempunyai makna ‘aku membungkuk padamu.’

Makna yang sebenarnya adalah kepercayaan bahwa setiap orang memiliki sisi keilahian dalam dirinya, yang berlokasi di cakra jantung, sehingga gerakan ini selalu identik dengan tangan yang dikatupkan di depan jantung.

Sedangkan menurut Wikipedia, Namaste ini terkadang disebut Namaskar. Namaskaram adalah bentuk sambutan yang terhormat dalam adat Hindu, yang ditemukan di anak benua India terutama di India dan Nepal dan di antara diaspora India. Kata ini digunakan untuk salam dan ucapan selamat.

Namaste biasanya diucapkan dengan sedikit busur dan tangan ditekan bersamaan, telapak tangan menyentuh dan jari mengarah ke atas, jempol di dekat dada. Gerakan ini disebut Añjali Mudrā atau Pranamasana.

Dalam Hinduisme itu berarti "Aku tunduk kepada ilahi " Ucapan tersebut juga bisa diucapkan tanpa memberi isyarat atau isyarat yang dilakukan tanpa kata, dan membawa arti yang sama.

Itulah arti namaste di bbm yang merupakan salah satu istilah dalam yoga. Lalu apakah ada arti namaste dalam Islam ? Jelas tidak ada, karena namaste ini merupakan salam penghormatan bagi penganut Hindu. Bagaimana jawaban dari namaste dan apa lambang namaste ? Nantikan pada artikel selanjutnya yang juga akan membahas namaste meaning in english, define namaskar dan juga namaste meaning buddhism.

Tag : na
Back To Top