Arti Kata Komunis

Menurut KBBI, arti kata komunis adalah penganut paham komunisme. Contoh dalam kalimat :
- Jangan baca buku-buku itu, nanti kamu jadi komunis!

Sementara itu jika berdasarkan bahasa gaul, artinya sudah beda. Menurut Si Momot, komunis itu adalah :
- kata ganti buat temen yang mukanya kayak orang Vietnam. Contoh kalimat : "Si komunis hari ini nggak masuk sekolah. Kenapa"
- sebutan buat guru atau dosen atau kakak kelas atau tetangga yang galak, kejam, dan suka menindas. Contoh : "Awas ada guru galak banget, komunis abis..."

Sedangkan menurut Wikipedia, dalam ilmu politik dan sosial, komunisme (dari bahasa Latin communis, "common, universal") adalah ideologi, filosofis, sosial, politik dan ekonomi dan gerakan yang tujuan utamanya adalah pembentukan masyarakat komunis, yang merupakan tatanan sosial ekonomi terstruktur pada kepemilikan umum alat-alat produksi dan tidak adanya kelas sosial, uang dan negara.

Komunisme mencakup berbagai aliran pemikiran, yang secara luas mencakup Marxisme, anarkisme (komunisme anarkis) dan ideologi politik yang dikelompokkan di sekitar keduanya. Semua ini menunjukkan bahwa urutan masyarakat saat ini berasal dari sistem ekonominya, kapitalisme; bahwa dalam sistem ini ada dua kelas sosial utama: kelas pekerja - yang harus bekerja untuk bertahan hidup dan siapa yang membentuk mayoritas di masyarakat - dan kelas kapitalis - minoritas yang memperoleh keuntungan dari mempekerjakan kelas pekerja, melalui kepemilikan pribadi atas sarana produksi - dan bahwa konflik antara kedua kelas ini akan memicu sebuah revolusi. Revolusi pada gilirannya akan membangun kepemilikan sosial atas alat-alat produksi, yang menurut analisis ini merupakan elemen utama dalam transformasi masyarakat menuju komunisme.

Kritik terhadap komunisme dapat dibagi menjadi beberapa hal yang menyangkut dirinya sendiri dengan aspek praktis dari negara komunis abad ke-20 dan yang menyangkut diri mereka dengan prinsip dan teori komunis.

Itulah pengertian komunisme secara umum yang bisa Saya sampaikan. Untuk informasi seputar makalah komunisme, komunisme di indonesia, ciri ciri ideologi komunisme, sistem pemerintahan negara komunis, sejarah komunisme dan daftar negara komunis, akan Saya samaikan pada blog lain.

Tag : ko
Back To Top