Prepare Mudik

Apa itu prepare mudik ? Mungkin Anda baru saja mengetahui istilah tersebut. Prepare itu kan persiapan, mudik ya mudik. Jadi prepare mudik artinya persiapan mudik. Jelas ? Llu apa yang musti dipersiapkan di kala mudik ? Banyak.

Menurut Kaskus, inilah beberapa hal yang harus di prepare di kala mudik :

Fisik
Pastiin ketika kita mudik kondisi badan dalam keadaan fit, terutama kalau kita yang jadi pengemudi.

Jangan pakai motor
Hindari mudik dengan kendaraan roda dua untuk membawa banyak barang ataupun anak apalagi untuk jarak yang cukup jauh.Selain berbahaya buat kita, bahaya juga buat orang lain. Irit memang, tapi keselamatan berkendara jadi poin penting yang harus diperhatikan.

Bawa barang seperlunya
Cukup bawa pakaian yang sekiranya mau dipakai. Buat yang masih punya bayi, jangan lupa susu, tissue basah sama popoknya. Kalau semua sudah siap, bisa langsung bungkus barang bawaan ke dalam tas mudik. Barang-barang penting seperti dompet atau handphone harus dipisah.

Cek mobil
Buat yang mudik dengan kendaraan pribadi, wajib mencek dulu kendaraannya, mulai dari tune-up komplit, rem, ban,wiper, radiator, tali kipas/AC, aki dan lainnya. Jangan lupa juga bawa perlengkapan alat-alat kendaraan serta senter, kotak P3K dan air mentah dalam botol air mineral buat jaga-jaga kalau radiator kita kehausan. Buat yang mudik dengan kendaraan umum, hal yang mesti dicek adalah tiket, jangan sampai ketinggalan di rumah. Usahakan pesen tiket -jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

Pastikan rumah dan perabotan dalam keadaan aman
Tidak ada barang-barang berharga yang ditinggalkan di kamar atau rumah. Semua barang penting yang tidak bisa dibawa mudik, sebaiknya disimpan ditempat paling aman, terutama perhiasan-perhiasan berharga.

Pastikan semua jalan masuk ke dalam rumah terkunci rapat seperti jendela, pintu rumah, pintu pagar, dan lainnya. Kuncinya juga mesti dicek, kalau bisa ganti dulu dengan yang baru. Anda juga bisa menyimpan sandal di depan rumah atau menyalakan salah satu lampu, tujuannya buat mengecoh kalau ada pencuri, seolah-olah rumah kita masih ada penghuninya. Pastikan juga kita mengecek keadaan barang-barang listrik dan juga colokan, yang gak perlu bisa dicabut alirannya. Cek juga tabung kompor gas, mendingan dicabut juga karena akan lama ditinggalkan.

Titip ke tetangga yang nggak mudik
Kasih nomor telepon kalau-kalau terjadi apa-apa sama rumah kita. Jangan sampe pas kita pulang terjadi sesuatu hal yang tak dinginkan misalnya kecurian atau bahkan kebakaran

Bawa dompet dan isinya serta surat-surat berkendara
Kemana-mana uang pasti wajib dibawa, apalagi kita butuh buat bayar tol, bensin dan segala macam, bisa disiapkan juga uang recehnya buat Pak Ogah. Jangan lupa juga bawa makanan dan minuman, takutnya pas waktunya berbuka Anda kelimpungan susah nyari makanan, lagian makanan di jalan juga harganya lumayan mahal-mahal.

Siapkan charger HP, powerbank dan kamera
Bagaimana pun zaman sekarang kita tidak bisa jauh dari gadget, makanya bisa kalut kalau tiba-tiba hp low dan Anda nggak bisa update status. Kamera bisa ditempel di luar kendaraan untuk merekam suasana mudik sepanjang perjalanan. Bagi Youtuber, ini adalah modal buat nyari duit. Jadi mudik pun sebenarnya bisa menghasilkan uang bagi mereka yang jeli.

Berdoa dulu
Sebelum berangkat jangan lupa berdoa minta keselamatan di jalan sampai tujuan. Lebih baik lagi diawali dengan sholat safar dulu biar Allah melindungi perjalanan kita.

Istirahat kalau ngantuk
Kalau Anda ngantuk jangan maksa nyupir tapi bisa istirahat dulu di rest area yang tersedia. Patuhi rambu lalu lintas juga, jangan ngebut-ngebut atau nyelip-nyelip kayak diuber polisi. Jangan lupa juga catat nomor-nomor penting.

Itulah arti dari prepare mudik dan prepare apa saja yang mesti dilalui buat mudik tersebut. Semoga membantu bagi mereka yang sebentar lagi akan mudik.

Tag : pre
Back To Top