Arti Paskah

Menurut Wikipedia, Paskah itu asal mulanya ada di :
- Bahasa Latin: Páscha,
- Bahasa Yunani: Πάσχα, Paskha
- Bahasa Aram: פַּסחא‎ Pasḥa
- Bahasa Ibrani: פֶּסַח Pesaḥ

Paskah adalah perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi Kristen. Bagi umat Kristen, Paskah identik dengan Yesus, yang oleh Paulus disebut sebagai "anak domba Paskah";. Para jemaat Kristen hingga saat ini percaya bahwa Yesus disalibkan, mati dan dikuburkan, dan pada hari yang ketiga, bangkit dari antara orang mati.

Jadi Paskah adalah merayakan hari kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan yang terpenting karena memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus, seperti yang tercatat di dalam keempat Injil di Perjanjian Baru. Perayaan Paskah ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan, atau Minggu Kebangkitan.

Sedangkan menurut website JW, Paskah adalah perayaan orang Yahudi untuk memperingati peristiwa saat Allah membebaskan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir pada 1513 SM. Saat itu anak-anak sulung bangsa Mesir dibunuh, namun pintu-pintu rumah orang Ibrani dilewati (dilewati atau melewati dalam bahasa Ibrani adalah “ Pésah “).

Peristiwa itu diperingati dengan makan “korban Paskah”. Dalam perjanjian baru “korban Paskah” adalah Yesus Kristus sendiri yang disebut juga dengan “Anak Domba yang disembelih”. Dalam perkembangannya Hari Raya Paskah mendapat nuansa baru yaitu perayaan kebangkitan Yesus Kristus.

Sedangkan dalam blog Edosolagraciaprasetyo, pengertian Paskah dalam Perjanjian Baru ada 2 yakni arti harafiah yaitu Kristus bangkit dan arti rohaniah yakni kurban untuk menebus dosa.

Itulah yang bisa Saya sampaikan perihal arti perayaan paskah bagi orang Yahudi dan umat Katolik dan Kristen lainnya dalam Perjanjian Baru, baca juga :
- arti paskah dalam perjanjian lama
- makna paskah yang sesungguhnya

Tag : pas
Back To Top