Arti Kata Lo Stato

Kali ini blog Arti Kata akan membahas arti kata lo stato. Menurut Kranenburg dalam Ade Sopian's Blog, kata lo stato ini berasal dari bahasa Italia yang semula digunakan pada abad ke-15, juga dialihkan dari kata Latin status.

Kata lo stato, pada mulanya dimaknakan sebagai jabatan negara, namun selanjutnya berkembang memiliki arti pejabat-pejabat dari jabatan itu sendiri atau aparat negara, kemudian penguasa penguasa beserta pengikut-pengikutnya atau orang-orang yang memegang tampuk pemerintahan beserta staf-stafnya dan lebih luas lagi dalam arti kesatuan wilayah yang dikuasai atau susunan tata pemerintahan atas suatu masyarakat di wilayah tertentu.

Istilah lo stato itu awal mulanya diperkenalkan oleh Si Machiiavelli dalam buku dia yang berjudul Il Principe. Lo Stato pada masa itu juga digunakan untuk menyebut pihak yang diperintah (dependent). Namun pada masa pemerintahan absolut raja-raja, state (negara) diartikan sebagai pemerintah.

Dalam blog Here We Share The Knowledge, dikatakan bahwa kata staat, state, dan etat berasal bahasa Latin “Status“ atau “Statum“ yang berarti menempatkan dalam keadaan berdiri, membuat berdiri, dan menempatkan. Kata status dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang menunjukkan sifat atau keadaan tegak dan tetap.

Itulah arti dari kata lo stato yang memang masih berhubungan dengan istilah kata negara dalam bahasa yunani, bahasa belanda serta pengertian negara menurut istilah bahasa latin stratum dan menurut van apeldoorn.

Tag : lo
Back To Top