Arti Kata Ekspektasi dan Realita

Arti ekspektasi adalah impian, harapan, angan-angan. Ekspektasi itu suatu bayangan yang ada di dalam kepala kita yang sumbernya juga dari perasaan. Kita berharap sesuatu terjadi sesuai dengan apa yang sudah kita rancang di dalam kepala kita, sesuatu yang kita harapkan untuk terjadi dan kalau itu benar-benar menjadi kenyataan puaslah kita dibuatnya, tetapi kalau hasilnya tidak sesuai dengan realita, ya kecewalah kita.

Jadi realita adalah kenyataan. Keduanya bisa saja berjalan secara beriringan kalau apa yang kita impikan bisa kita gapai, tapi kalau apa yang kita ekspektasikan tidak sesuai dengan realita yang ada, yang terjadi hancurlah kita, seolah-olah kita telah terbang tinggi dengan angan-angan kita dan pada saat kita buka mata kita seperti dibanting jatuh ke tanah.

Sementara itu, menurut KBBI, arti kata ekspektasi itu ada 2 makna yakni dugaan atau harapan dan harapan besar yang dibebankan pada sesuatu yang dianggap akan mampu membawa dampak yang baik atau lebih baik.

Asal kata Ekspektasi

Kata ekspektasi itu sendiri sebetulnya asal muasalnya adalah berasal dari Bahasa Inggris yaitu expectation. Kalau Anda buka translate Google, kata tersebut yang berarti harapan atau pengharapan.

Kalau masalah contoh dalam kalimat, sebetulnya bisa Anda cari sendiri dan buat sendiri. Tapi Saya tentunya nggak akan pelit, pasti ngasih contoh terutama buat adik-adik yang disuruh gurunya bikin kalimat pakai kata ekspektasi. Contohnya :
- Ekspektasi Saya memang tidak jauh dari kenyataan
- Saya nggak mau beli smartphone kayak gitu, nggak sesuai dengan ekspektasi Saya.

Kalau masih bingung, mungkin bisa Saya perjelas dengan gambar atau meme. Tentunya Saya akan bandingkan antara ekspektasi dan realita. Coba lihat gambar di bawah ini yang Saa ambil dari dagelan.co :


Sok kalem padahal mah mangap

Ekspektasinya kan Anda ketika naik kereta api lalu tidur atau ketiduran, posisinya tentunya idealnya kan harus anggun. Nah, realitanya terkadang jauh dari ekspektasi. Anda ketiduran sambil mangap, kalau ada ee cecak  pasti langsung dicapluk tuh.

Artikel lainnya yang sering dicari yang berhubungan dengan kata ekspektasi antara lain adalah :
contoh ekspektasi
- ekspektasi adalah wikipedia
- kata kata ekspektasi dan realita
- ekspektasi dan realita
- ekspektasi realita meme
- lawan kata ekspektasi
- ekspektasi kbbi
- kata kata ekspektasi

Baca juga :
arti kata absurd

Sumber :
http://siapabukancumasekedarnama.blogspot.co.id/2012/09/ekspektasi-and-realita.html
http://aqisthiaf.blogspot.co.id/2011/01/ekspektasi-vs-realita.html


Tag : eks, re
Back To Top